Jumat, 16 Mei 2008

PELAKU PASAR MODAL


Pengembangan bursa efek bertujuan; menyediakan dana untuk membelanjai investasi perusahaan . investasi itu sendiri bertujuan untuk penyediaan barang modal dan menambah alat-alat produksi.

Dana yang disediakan adalah dalam bentuk dana jangka panjang.

Penyedia dana (supplier) adalah lembaga-lembaga keuangan dan masyarakat luas.

Investor menginginkan terjaminnya likuiditas oleh sebab itu efek yang diperdagangkan adalah NEGOTIABLE SECURITIES.

Efek atau securities tidak hanya tanda hutang/pinjaman tetapi juga merupakan tanda pemilikan modal sendiri(equity) yang diperlukan untuk pertumbuhan perusahaan dan perekonomian.

Sekuritis segment adalah merupakan komplemen non securities segmen.
Lembaga keuangan di non sekurites segmen dapat menarik dana dari securities segment.

PASAR PERDANA

Pada pasar perdana perusahaan akan memperoleh dana dengan menjual sekurities(saham,obligasi,hipotik).
Selanjutnya perusahaan dapat menggunakan dana hasil emisi tersebut untuk menambah barang modal dan seterusnya digunakan untuk memproduksi barang dan atau jasa. Petumbuhan pasar perdana sangat lah penting untuk pertumbuhan ekonomi.

Penjualan saham dan obligasi dilaksanakan oleh;
1. Lembaga-lembaga keuangan
2. Investement banker
3. Broker dan
4. Dealer.

Para perantara ini mengatur penjualan efek baik kepada lembaga maupun kepada perorangan.

PASAR SEKUNDER

Setelah surat berharga ( saham, obligasi,hipotik) dijual di pasar perdana maka tahap selanjutnya akan terjadi transaksi di pasar sekunder.
Ditinjau dari segi investor pasar sekunder harus dapat menjamin likuiditas dari efek. Artinya investor menghendaki dapat membeli kembali sekuritas jika ia mempunyai dana. Dan juga menghendaki dapat menjual sekuritas untuk emperoleh uang tunai atau mengalihkannya kepada investor lain. Dari sudut pandang perusahaan pasar sekunder adalahmerupakan wadah untuk menghimpun para investorbaik para investor lembaga maupun investor perorangan. apabila pasar sekunder tidak cukup likuid tentunya investor tidak akan membeliefek-efek pada pasar perdana.

dalam hal ini lembaga-lembaga pasar sekunder adalah meliputi para broker dan dealer yang menjual dan membeli surat berharga untuk para investor.
Jual beli dilakukan di bursa regular bagi perusahaan yang memenuhi persyaratan listing dan di luar bursa bagi perusahaan yang belum sepenuhnya memenuhi persyaratan listing.
Emisi pada pasar perdana dan perdagangan pada pasar sekunder pada hakikatnya adalah saling memerlukan satu sama lain. Pasar perdana membutuhkan pasar sekunder untuk menjamin likuditas sekuritas dan sebaliknya pasar sekunder membutuhkan pasar perdana di dalam menambah sekuritas untuk diperdagangkan.

Tidak ada komentar: